Rabu, 16 Januari 2013

11 Software Wajib Ada Pada Komputer

Terkadang kita bingung software-software apa yang akan diinstal pada komputer. Tentu tidak akan mau jika menginstal software tetapi tidak berguna bagi anda. Berikut merupakan software-software yang wajib ada pada komputer/laptop anda.
Walaupun tidak semuanya tidak terlalu penting bagi anda, ini tergantung dengan kebutuhan anda sendiri.


    1. Sistem Operasi
Tentu sistem operasi ini merupakan perangkat lunak paling penting dan wajib ada pada setiap komputer. Tanpa sistem operasi, komputer kita tidak akan hidup. Seperti pepatah "Bagai Taman Tak Berbunga". Contoh sistem operasi yang paling terkenal adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS.

    2. Keamanan
Anggap saja komputer itu sebuah rumah yang mewah yang isinya benda-benda berharga. Supaya rumah itu tidak kebobolan maling, tentu kita memerlukan satpam agar rumah itu tetap terjaga dari pencuri. Sama saja dengan komputer, kita memerlukan keamanan agar tetap terjaga dari serangan virus dan hacker. Jenis-jenis keamanan terdiri dari Antivirus, Anti-Spyware, Anti-Adware, Firewall. Contoh antivirus gratisan adalah AVG Free Antivirus, Avast Free Antivirus, Avira Antivirus, SMADAV, PCMAV, ClamAV, ArtAV, ANSAV, dll. Untuk berbayar adalah Kaspersky Antivirus, Kaspersky Internet Security, Bit Defender, dll.

    3. Word Processor, Spreadsheet, Presentation, dll
Bagi yang suka "ngetik-ngetik" dokumen, tidak akan maksimal hasilnya jika mengetik menggunakan Wordpad dan Notepad, tentu kita membutuhkan software tambahan agar hasil ketikan kita maksimal. Contoh yang paling terkenal tetapi tidak gratis adalah Microsoft Office, atau yang suka gratisan adalah Apache OpenOffice yang bisa di download disini.

    4. Utility
Agar komputer tetap fit, kita memerlukan sebuah utility. Utility ini biasanya sudah tersedia bersama sistem operasi. Contoh utility adalah Hard disk defragment, Disk Scanning, Disk Cleaner, dll.

    5. Codec, Media Player
Walaupun sistem operasi telah menyediakan media playernya sendiri, tetapi masih memiliki kekurangan tersendiri, yaitu tidak semua jenis lagu atau video dapat diputar. Contoh dari codec adalah K-Lite Codec Pack, bisa di download disini. Contoh Media Player adalah Windows Media Player, Winamp.

     6. Web Browser
Bagi pecinta internet, kita memerlukan dengan web browser. Tanpa web browser, tidak akan bisa berinternet dengan ria. Contoh web browser adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome.

    7. Patch-Patch Pelengkap Sistem Operasi
Tidak selamanya sebuah sistem operasi tidak memiliki sebuah kekurangan. Dengan sebuah patch, kita dapat menutup kekurangan yang ada pada sistem operasi. Contoh patch untuk windows adalah Net. Framework, Direct X, Java, dll.

    8. Compression
Terkadang kita men-download file yang dalam bentuk kompresi seperti zip atau rar? Untuk membuka file itu kita membutuhkan software compression. Walaupun windows telah menyediakan software compressionnya sendiri, tetapi tidak semua file terkompresi dapat dibuka. Contohnya adalah WinRAR, WinZIP, 7-zip, dll.

   9. PDF Reader
Sering kita temui sebuah dokumen yang berformat PDF yang membuat kita kebingungan bagaimana cara membuka dokumen itu. Dengan itu kita membutuhkan sebuah PDF Reader. Contoh PDF Reader adalah Adobe Acrobat, Foxit Reader.

   10. Add-Ons Untuk Internet
Agar pengalaman berinternet kita memuaskan, kita memerlukan Add-Ons ini. Contohnya adalah Flash Player yang berfungsi memutar sebuah animasi flash, Download Manager untuk mempercepat download, Youtube downloader untuk mendownload video dari youtube.

    11. Software Lain Sesuai Kebutuhan
Tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama terhadap komputer. Misalnya seorang gamer akan lebih membutuhkan software untuk meningkatkan kinerja gamenya, seorang desainer membutuhkan Adobe Master Collection, seorang digital printing membutuhkan Corel Draw, Photoshop, seorang 3D Desainer atau arsitek membutuhkan 3d max. Sesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing

1 komentar:

Kang Shalih mengatakan...

ijin nge-copas gan !

Posting Komentar

Tulis komentar anda ... !!!